Selasa , Januari 23 2018
Home / Ensiklopedi Lampung / 11 Gunung Di Lampung

11 Gunung Di Lampung

Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda (Foto : Keliling Lampung)
Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda (Foto : Keliling Lampung)

Posisi geografis Lampung didominasi dengan dataran tinggi. Dataran tinggi tersebut juga membentuk gugusan perbukitan. Gugusan perbukitan yang paling panjang di Lampung dikenal dengan Bukit Barisan Selatan, yang membentang dari pesisir Teluk Lampung hingga perbatasan Lampung dengan Bengkulu dan Sumatera Selatan.

Sebagai daerah yang didominasi dataran tinggi, Lampung tentu memiliki gunung-gunung. Setidaknya, ada 11 gunung yang ada di Lampung.

Gunung paling terkenal di Lampung adalah Gunung Anak Krakatau yang berada di lepas pantai Lampung Selatan atau lebih tepat berada di Selat Sunda. Gunung Anak Krakatau terkenal sebagai gunung api paling aktif dan berbahaya. Gunung Anak Krakatau tidak hanya terkenal di Lampung, tetapi juga terkenal di Indonesia, bahkan terkenal hingga ke seluruh dunia.

Selain Gunung Anak Krakatau, Lampung Selatan juga memiliki gunung lain, yaitu Gunung Rajabasa yang berada di Kalianda. Dahulu, Gunung Rajabasa yang memiliki tinggi 1.261 m dikenal sebagai salah satu gunung api yang ada di Lampung. Gunung Rajabasa menjadi salah satu gunung di Lampung memiliki potensi panas bumi dan belerang yang besar. di

Gunung Pesagi (Foto : infolampung.com)
Gunung Pesagi (Foto : infolampung.com)

Tak hanya Gunung Anak Krakatau dan Gunung Rajabasa yang ada di Lampung, ada 9 gunung lainnya di Lampung. Lampung Barat adalah Kabupaten yang memiliki gunung terbanyak di Lampung, dengan memiliki 4 gunung.

Lampung barat memiliki gunung 4 gunung, yaitu Gunung Pesagi dan Gunung Sekincau di Liwa, Gunung Seminung di Sukau, serta Gunung Tebak di Sumber Jaya. Gunung Pesagi menjadi gunung tertinggi di Lampung Barat, sekaligus menjadi gunung tertinggi di Lampung. Tinggi Gunung Pesagi mencapai 2262 m.

Gunung Tanggamus (Foto : Mapala Unila)
Gunung Tanggamus (Foto : Mapala Unila)

Tanggamus memiliki 2 gunung, yaitu Gunung Tanggamus di Kota Agung dan Gunung Rindingan di Pulau Panggung. Nama Gunung Tanggamus kemudian diambil menjadi nama Kabupaten Tanggamus. Gunung Tanggamus adalah gunung tertinggi di Tanggamus dan tertinggi ke 2 di Lampung, dengan ketinggian 2.156 m.

Pesawaran memiliki 3 gunung, yaitu Gunung Ratai di Padang Cermin, Gunung Pesawaran di Kedondong, dan Gunung Betung di Teluk Pandan (sebagian wilayah gunung ini juga ada di Bandar Lampung). Gunung tertinggi di Pesawaran adalah Gunung Pesawaran, dengan tinggi 1.662 m. Nama gunung Pesawaran akhirnya dipilih masyarakat sebagai nama Kabupaten Pesawaran. (SR-001)

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *