Home / Gaya Hidup / 5 Cara Untuk Merebut Peluang Usaha

5 Cara Untuk Merebut Peluang Usaha

seruit.id Dampak besar globalisasi adalah krisis ekonomi di Tanah Air yang mengakibatkan PHK dan sulitnya mencari lowongan pekerjaan. Namun situasi seperti tak menutup kemungkinan bagi siapa saja untuk mencari peluang usaha baru, dan ada baiknya mempertimbangkan hal-hal berikut :

  1. Mencari Informasi tentang jenis usaha yang akan ditekuni langsung dilapangan (Pelaku Usaha), tanyakan secara spesifik, misalnya hal-hal apa saja yang membuatnya berhasil dan apa saja hambatan yang di alami, jangan hanya Cuma mengandalkan buku, brosur ataupun orang-orang yang tidak mempunyai pengalaman praktik.
  2. Bila masih terdapat keraguan dengan jenis usaha yang dipilih, tak ada salahnya mengikuti jenis usaha yang ada disekitar lokasi tempat tinggal kita, misalnya Pekalongan Lampung Tengah Brandingnya adalah usaha bibit buah-buahan unggul.
  3. Mengukur kemampuan modal dengan jenis usaha yang akan ditekuni. Jangan memaksa diri untuk memperoleh pinjaman dari luar tanpa dibekali pengalaman dan kemampuan yang memadahi pada tahap awal melakukan kegiatan usaha. Mulailah dari yang kecil dan sederhana baru kemudian mengembangkanya. Misalnya budidaya Jamur Tiram yang modalnya relatif lebih kecil daripada budidaya udang.
  4. Memulai usaha dengan cara bekerja sama, karena lebih menguntungkan daripada kerja sendiri. Cara ini bukan hanya mengurangi biaya investasi (menyewa lahan/ruko), tetapi juga menghemat biaya produksi (bahan baku lebih murah) dan dapat saling berbagi tugas.
  5. Dukungan keluarga dan kerabat merupakan hal yang tidak dapat diabaikan peranannya dalam menunjang keberhasilan. Utarakan rencana usaha kita kepada mereka untuk mendapat masukan yang bermanfaat. Pada intinya untuk mendapatkan dorongan moril dan mendapatkan dukungan simpatik dari orang-orang dekat. (SR001)

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + 1 =