Home / Gaya Hidup / 5 Kesalahan Umum Yang Terjadi Saat Keramas

5 Kesalahan Umum Yang Terjadi Saat Keramas

suarakota.id Melakukan keramas atau mencuci rambut menggunakan shampo merupakan rutinitas yang sering dilakukan oleh manusia baik lelaki maupun wanita untuk menjaga kesehatan rambut.

Namun tahukah anda jika kita salah dalam melakukan keramas justru akan membuat rambut menjadi rusak yang menyebabkan warna rambut menjadi pudar, lepek serta menjadikan akar-akar rambut lebih berminyak? Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan tersebut, lampungkita.id melansir dari laman beauty Journal akan menyampaikan apa saja kesalahan umum ketika keramas yang tanpa disadari sering dilakukan oleh kita.

1. Rambut Kusut Sebelum Melakukan Keramas

Saat kita dalam kondisi baru bangun tidur atau lelah setelah seharian beraktivitas, rambut cenderung berantakan dan kusut. Dalam kondisi seperti ini, saat keramas justru membuat folikel rambut tertarik dan menjadi rapuh. Folikel rambut merupakan struktur kulit yang berguna untuk menumbuhkan rambut dan memiliki kelenjar sebase yang menyediakan sebum atau zat minyak yang fungsinya untuk melumasi rambut dan kulit. Anda sebaiknya meluangkan waktu untuk menyisir rambut sebelum keramas agar mudah dibersihkan.

2. Saat Keramas Tidak Membilas dengan Baik

Terkadang kita tidak punya waktu yang cukup untuk keramas di pagi hari dan menjadi terburu-buru saat membilas. Membilas shampo secara cepat dapat mengakibatkan penumpukan produk shampo di rambut kita. Hal ini dapat mengakibatkan iritasi pada kulit kepala yang menghambat pertumbuhan rambut dikarenakan tersumbatnya folikel rambur. Lakukanlah pembilasan rambut dengan menggosok rambut seperti saat kita memakai shampo, bukan dengan membiarkan rambut anda di bawah shower yang menyala.

3. Saat Keramas Tidak Membasahi Rambut Dengan Baik

Sebelum keramas, biasanya kita membasahkan rambut dengan cepat dan cenderung hanya membasahi rambut bagian luar saja. Ternyata rambut yang belum sepenuhnya basah, akan membuat shampo bekerja dengan kurang efektif. Shampo membutuhkan cukup air untuk melapisi dan membersihkan seluruh rambut kita. Nah, jika rambut tidak dibasahi dengan baik shampo yang dipakai tentu akan lebih banyak. Jadi, jangan heran kalau shampo anda akan lebih cepat habis.

4. Menggunakan Air Yang Terlalu Panas Saat Membilas

Mandi dengan menggunakan air hangat adalah hal yang menyenangkan, apalagi jika dilakukan setelah seharian beraktivitas. Namun, keramas dengan air yang terlalu panas ternyata dapat merusak rambut kita. Air panas dapat membuka kutikula rambut, dan membuat rambut kehilangan minyak alami dan protein keratinnya, sehingga rambut menjadi lebih rapuh dan kusam. Jika tetap ingin membilas saat keramas menggunakan air hangat, pastikan suhu air tidak terlalu panas dan suam-suam kuku atau sebaiknya bilaslah menggunakan air biasa.

5. Scrunching Rambut Saat Keramas

Saat keramas, usahakan jangan membuat ujung rambut anda ke kulit kepala. Hal ini dapat membuat rambut semakin kusut. Rambut yang basah cenderung lebih mudah rapuh dan patah.Dengan melakukan scrunch, rambut akan menjadi kusut dan menyebabkan kerontokan pada saat keramas. Sebaiknya saat keramas bagi rambut anda menjadi dua bagian, yakni bagian kulit kepala dan bagian ujung rambut. Anda dapat menggosok shampo ke kulit kepala menggunakan jari secara perlahan, kemudian sisir rambut bagian bawah dengan jari untuk menghindari tertariknya rambut. (SR002)

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 + 5 =