Home / Gaya Hidup / 5 Khasiat Buah Pisang

5 Khasiat Buah Pisang

seruit.id – Rasanya yang manis juga enak, membuat buah pisang hampir disukai semua orang di Indonesia. Dibalik rasanya yang lezat, buah pisang mengandung nutrisi yang sangat baik dan penting untuk kesehatan tubuh.

Manfaat buah pisang cukup banyak dan beragam, yang sudah pasti mengandung kandungan gizi yang sehat di dalamnya. kandungan yang terdapat di dalam buah pisang yaitu serat, vitamin B6, vitamin C, serat, potasium, mangan dan magnesium.

Berikut 5 khasiat konsumsi buah pisang bagi tubuh :

1.Mengatasi anemia
Ternyata makan 2 buah pisang dalam setiap harinya, mampu mengatasi kekurangan sel darah merah atau anemia. Kandungan zat besi didalamnya juga berfungsi untuk merangsang produksi hemoglobin darah. Sehingga buah ini cukup disarankan dikonsumsi untuk penderita kurang darah.

2. Melancarkan peredaran darah
Buah pisang mengandung potasium yang berfunsgi membantu lancarnya aliran darah dalam tubuh. Selain itu, kandungan kalium menbantu untuk mengatur tekanan darah agar tetap dalam kondisi normal. Kandungan-kandungan ini bermanfaat untuk mencegah timbulnya stroke, melancarkan denyut jantung, serta mencegah berbagai gejala penyakit jantung.

3. Menyehatkan pencernaan tubuh
Kandungan didalam pisang juga berkhasiat mengurangi resiko sembelit. Hal ini karena pisang mengandung cukup banyak serat. Selain itu,konsumsi pisang dengan segelas susu membantu mengurangi resiko penyakit usus, salah satunya penyakit yang paling serius adalah kanker usus besar.

4. Menyehatkan otak
Tahukah anda, bahwa hampir di semua negara maju memasukan buah pisang dalam daftar menu sarapan wajib. Hal itu karena kandungan kalium pada pisang memberikan stimulun pada otak. Campuran potongan pisang pada sereal, mengkonsumsinya memberikan sumber kalori yang cukup bagi tubuh, yang nantinya akan menjalani berbagai kegiatan panjang seharian.

5. Mencegah asma
Sebuah studi yang dilakukan oleh pihak Imperial College London, hasil penelitian menemukan bahwa anak-anak yang makan hanya satu buah pisang per hari memiliki peluang 34% lebih kecil terkena asma, dibandingkan dengan yang tidak makan buah pisang. (SR002)

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 5 = 1