Home / Gaya Hidup / 5 Khasiat Konsumsi Bawang Putih

5 Khasiat Konsumsi Bawang Putih

seruit.id –- Di rilis dari Nutritiondata.self.com, bawang putih atau dengan nama ilmiah Allium Sativum, ternyata mengandung banyak sekali gizi. Dalam satu ons (28 gram) porsi bawang putih mengandung Kalori sebesar 175 kJ (2% AKG) dan Protein sebesar 1.8g (4% AKG). Selain itu, bawang putih juga ternyata sangat rendah kalori dan kaya akan kandungan vitamin C, vitamin B6 dan mangan. Bawang putih juga di lengkapi dengan kandungan kalsium, zat besi, potasium, fosfor, dan tembaga yang baik.

Dengan kandungan Gizi sebanyak itu, sudah di pastikan bawang putih memiliki khasiat yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Berikut adalah 5 Khasiat mengkonsumsi bawang putih :

Mencegah Penyakit Jantung
Sebuah hasil penelitian dari The Journal of Nutrition,menemukan kandungan di dalam bawang putih yaitu bermanfaat untuk membantu mencegah penumpukan plak pada arteri koroner (pembuluh darah yang memompa darah ke jantung).

Mengkonsumsi bawang putih setiap hari juga, ternyata bisa membantu menurunkan kadar kolesterol karena sifat anti-oksidan Allicin di dalamnya. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengatur tekanan darah dan kadar gula darah.
Mengobati Flu atau Pilek
Pada laman Healthline.com menyebutkan bahwa suplementasi bawang putih diketahui bisa meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, yang mampu mencegah ataupun membantu menyembuhkan penyakit pilek.

Di lansir juga dari Laman Ndtv.com menyebutkan bahwa bawang putih akan memberi Anda kelegaan dari flu yang membandel. Konsumsi 2-3 siung bawang putih mentah atau matang dalam sehari, akan meringankan hidung, menyembuhkan pilek dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.
Mencegah Penyakit Kanker
National Cancer Institute menjelaskan bahwa,zat yang terkandung dalam bawang putih mampu menghambat dan mencegah pembentukan zat penyebab kanker, memperbaiki kerusakan DNA, meminimalisir proliferasi pada sel tubuh, dan mencegah aktifnya zat penyebab kanker di dalam tubuh.
Mencegah dan Membantu Penyembuhan Penyakit Diabetes
Laman Draxe.Com menyebutkan bahwa bawang putih telah menunjukkan kemampuannya untuk membantu penderita diabetes, dimana konsumsi bawang putih telah terbukti membantu mengatur kadar gula darah, melawan infeksi, menghindari penyakit komplikasi akibat diabetes, hingga bisa mengurangi kadar kolesterol jahat.
Sebagai Anti-Peradangan dan Penyembuh Luka
Laman Lipi.go.id menyebutkan bahwa bawang putih berkhasiat sebagai antibiotik herbal yang ampuh, membantu mengobati luka, bahkan mengurangi peradangan pada luka.

Diperkuat pula dari hasil penelitian tim mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan, Universitas Brawijaya, Surabaya.Produk antibiotik biasa hanya bisa bermanfaat untuk menyembuhkan luka. Adapun jika memanfaatkan bawang putih lanang (yang hanya terdiri atas satu siung), manfaatnya selain untuk mengobati luka, juga dapat mengurangi peradangan luka. (SR002)

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

39 + = 48