Home / Gaya Hidup / 5 Manfaat Konsumsi Buah Durian Bagi Tubuh

5 Manfaat Konsumsi Buah Durian Bagi Tubuh

seruit.id Buah durian, siapa yang tidak mengenal buah khas asia tenggara ini. Durian yang di sebut sebagai rajanya buah-buahan ini ternyata sangat fenomenal. Termasuk buah yang fenomenal karena banyak di gemari masyarakat indonesia, namun juga tidak sedikit yang menghindarinya karena baunya yang menyengat.

Tahukah bahwa selain durian dianggap dapat meningkatkan kolesterol, berbahaya jika dikonsumsi bersama kopi dan lain-lain. Buah durian justru sangat kaya nutrisi dan memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Sebagian besar manfaat kesehatan durian datang dari kandungan vitamin dan mineralnya yang melimpah. Durian kaya akan vitamin C, potasium, asam amino triptofan, asam folat, asam pantotenat, thiamin, riboflavin, niacin, dan B6.

Berikut adalah 5 Manfaat Memakan buah durian bagi tubuh dengan porsi tidak berlebihan (normal) :

Melancarkan pencernaan
Durian sangat kaya akan serat pangan yang membantu melindungi membran mukosa usus dari paparan racun dan bahkan dapat mengikat senyawa kimia penyebab kanker. Serat pangan juga bermanfaat untuk merangsang gerakan peristaltik usus serta sekresi cairan lambung sehingga dapt melancarkan pencernaan.Sumber energi
Buah durian sangat kaya potasium yang berfungsi membantu mengurangi rasa lelah. kandungan lainnya adalah, sekitar 100 g daging buah durian mengandung 147 kalori yang termasuk tinggi dibandingkan buah-buahan lain. Gula alami durian seperti fruktosa dan sukrosa mudah dicerna oleh tubuh sehingga dapat mengembalikan energi dengan cepat.

Mengatasi insomnia
Selain mengandung potasium. Durian juga mengandung triptofan, senyawa asam amino yang dapat merangsang rasa kantuk secara alami. Triptofan yang memasuki otak diubah menjadi serotonin oleh tubuh serta menimbulkan rasa relaks dan bahagia. Kelebihan serotonin kemudian melepaskan melatonin ke aliran darah dan membuat tubuh merasa mengantuk. Banyak penelitian menemukan bahwa triptofan efektif dalam mengatasi stres, depresi, dan masalah kecemasan, serta insomnia.

Mengontrol tekanan darah
Potasium yang terkandung dalam durian, selain berfungsi sebagai penambah tenaga. ternyata Potasium mampu mengatur detak jantung dan memastikan kelancaran aliran darah ke sistem lain. Potasium juga diperlukan untuk mengontrol kadar sodium dalam darah.Sodium yang terlalu tinggi dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Dengan mencukupi kebutuhan potasium, tekanan pada pembuluh darah berkurang sehingga risiko serangan jantung, stroke, dan aterosklerosis dapat diturunkan.

Mencegah anemia
Durian menandung asam folat tinggi yang diperlukan untuk produksi hemoglobin. Asam folat durian bahkan termasuk yang tertinggi di antara buah tropis bersama alpukat dan jambu biji. Asam folat akan menstimulasi produksi darah yang meningkatkan kemampuan tubuh dan efektifitas distribusi oksigen. (SR002)

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

23 + = 25