Home / Gaya Hidup / 6 Cara Mengobati Hipertensi Dengan Meditasi

6 Cara Mengobati Hipertensi Dengan Meditasi

seruit.id Dewasa ini penyakit hipertensi begitu banyak diderita masyarakat di dunia, penderitanyapun beragam bukan orang tua saja ataupun kalangan orang mapan saja. Tidak sedikit di usia 30 tahunan sudah menderita penyakit ini. Sementara orang-orang di desapun yang konon aktifitas keseharianya sebagai petani juga masih banyak terkena Hipertensi, tentu faktor penyebab utamanya rata-rata dari pola makan dan gaya hidup sipenderita sendiri.

Tanda-tanda orang yang menderita Hipertensi atau orang sering menyebutnya Darah Tinggi biasanya mudah marah dan cepat tersinggung. Bila sedang emosi penderita Hipertensi otot-otot disekitar leher akan menjadi kaku, pikiran panas dan tidak terkendali, tentunya hal semacam ini sesungguhnya menyiksa diri.

Berikut ada beberapa cara untuk mengatasinya, yakni dengan meditasi yang harus dilakukan secara rutin. Dalam 3 – 4 bulan hasil bisa anda rasakan sendiri.

1. Lakukan posisi duduk bersila dengan santai, tegakkan tulang punggung dan pandangan kearah depan.

2. Ambil napas panjang melalui hidung, kemudian mata mulai ditutup perlahan-lahan sampai anda merasa nyaman.

3. Angkat kedua tangan lurus kedepan setinggi bahu, lalu ambil napas panjang (8 hitungan) melalui hidung, dan simpanlah napas itu (8 hitungan) di dalam dada.

4. Setelah napas disimpan, hembuskanlah napas melalui mulut perlahan-lahan (8 hitungan). Pada saat yang bersamaan bukalah kedua tangan melebar kekiri dan kekanan sehingga membentuk sudut 180°.

5. Setelah posisi tangan bersudut 180° dan napas yang disimpan habis, hiruplah napas panjang lagi (8 hitungan), sejalan dengan itu gerakan tangan kembali kepada posisi nomor 3.

6. Selanjutnya ulangilah gerakan tersebut, mulai dari ambil napas (tangan bergerak menutup), tahan napas kemudian hembuskan kembali (tangan bergerak melebar).

Sebaiknya meditasi dilakukan setiap hari selama ±20 menit, bisa dipagi hari atau diwaktu luang. Pilihlah tempat yang tenang dan bersih. Pada permulaan anda akan mengalami pegal pada tangan dan terasa kaku, tapi jangan khawatir itu tidak berbahaya karena efek belum terbiasa, selamat mencoba. ( SR002 )

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

63 − 62 =