7 Cara Ampuh Atasi Mata Kabur

0
320

seruit.id Mata adalah organ utama dalam sistem penglihatan manusia. Penggunaan gadget yang berlebihan di era perkembangan teknologi ini sering menyebabkan gangguan pada mata yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Salah satu gangguan pada mata yang sering terjadi adalah penglihatan yang kabur. Tak hanya terjadi pada orang yang sudah lanjut usia, bahkan kondisi ini juga banyak terjadi pada kalangan anak muda.

Pengelihatan kabur adalah suatu kondisi di mana ketajaman pengelihatan dalam melihat benda secara detail mengalami penurunan. Kondisi ini biasanya merupakan gejala dari kelainan refraksi mata. Contoh kelainan refraksi mata, antara lain:

  1. Hipermetropi (rabun dekat).
  2. Miopi (rabun jauh).
  3. Astigmatisme (silinder).

Meski pun tergolong sebagai keluhan visual yang umum terjadi, kondisi ini tidak bisa disepelekan begitu saja. Berkurangnya ketajaman penglihatan dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Berikut adalah 7 rekomendasi cara mengatasi penglihatan kabur:

Mengurangi aktivitas berlebihan pada mata

Menggunakan mata secara berlebihan adalah salah satu faktor terjadinya penglihatan kabur. Penggunaan mata yang berlebihan akan mengakibatkan mata menjadi lelah. Tak hanya tubuh yang perlu diistirahatkan, mata juga perlu waktu untuk istirahat. Terlebih lagi bagi Anda yang sering menggunakan komputer atau gadget lain dalam bekerja. Oleh sebab itu, mengistirahatkan mata setiap jam perlu dilakukan.

Anda bisa memejamkan mata selama beberapa menit agar mata kembali rileks. Mengalihkan pandangan pada benda lain selama beberapa saat juga bisa menjadi pilihan agar pandangan kembali segar. Beranjak dari tempat duduk sambil melihat suasana sekitar juga bisa dilakukan. Selain mengistirahatkan mata, pilihan ini sekaligus untuk mengistirahatkan Anda dari rasa jenuh.

Melatih mata untuk melihat benda jauh dan dekat

Salah satu cara lainnya adalah dengan melatih mata untuk melihat benda dari jarak yang jauh dan dekat. Latihan ini bisa dilakukan di tempat terbuka ketika Anda sedang bersantai. Melatih mata untuk melihat benda dari jauh dan dekat akan melatih fokus mata. Latihan ini juga bisa dilakukan di rumah atau tempat kerja dengan cara menggerakkan benda mendekati dan menjauhi mata. Bisa pula menggunakan cara sederhana, yaitu menggerakkan jari telunjuk mendekati dan menjauhi mata Anda.

Menggunakan kacamata yang sesuai dengan kondisi mata

Penglihatan mata yang kabur bisa jadi merupakan indikasi adanya gangguan refraksi pada mata. Gangguan yang umum terjadi adalah penyakit mata hipermetropi (rabun dekat), miopi (rabun jauh), dan astigmatisme (silinder). Mengatasi penglihatan kabur yang disebabkan oleh gangguan-gangguan tersebut adalah dengan menggunakan kacamata atau lensa kontak yang dapat membantu penglihatan Anda. Penggunaan kacamata dan lensa kontak yang sesuai kondisi mata sangat dianjurkan untuk mencegah terjadinya gangguan mata yang lebih parah.

Bagi Anda yang sudah menggunakan kacamata atau lensa kontak sebelumnya namun masih mengalami penglihatan kabur, mungkin kondisi mata Anda sudah mengalami perubahan. Penglihatan yang kabur bisa jadi merupakan efek buruk akibat memakai kacamata yang tidak sesuai. Segera periksakan mata Anda ke dokter untuk mengetahui kondisi mata yang sebenarnya.

Memijat daerah mata

Cara mengatasi penglihatan kabur yang lain adalah dengan memijat daerah mata dengan lembut. Pijatan lembut pada daerah mata dapat dilakukan pelan-pelan dengan menggunakan telunjuk. Memijat daerah mata dapat dilakukan terutama bagi Anda yang mengandalkan mata dalam bekerja. Kondisi mata yang lelah dapat mengakibatkan otot-otot di sekitar mata menjadi tegang. Dengan melakukan pijatan lembut di daerah sekitar mata dapat mengatasi mata lelah, sehingga kondisi mata dapat rileks kembali.

Melakukan senam mata

Melakukan senam mata bisa menjadi solusi penanganan penglihatan yang kabur. Saat terlalu fokus melihat, biasanya mata akan menjadi kering dan penglihatan menjadi kabur. Senam mata berfungsi juga sebagai cara mengatasi mata kering dan perih. Senam mata juga merupakan salah satu cara merilekskan mata lelah yang ampuh. Cara melakukan senam mata adalah menggerakkan bola mata ke kanan, kiri, atas, bawah, dan berputar selama beberapa saat. Selain itu, mengedipkan mata selama beberapa saat juga merupakan salah satu bentuk senam mata.

Tidak menggunakan gadget sebelum tidur

Beberapa orang sering menggunakan gadget sebelum tidur, terutama ponsel. Memainkan ponsel sebelum tidur biasanya dilakukan dalam posisi berbaring yang membuat cahaya pada ponsel langsung jatuh ke mata. Hal ini dapat membuat mata menjadi lelah karena bekerja terlalu keras untuk mengatur intensitas cahaya masuk. Tidur dalam kondisi mata yang lelah dapat membuat Anda bangun dalam kondisi mata yang lelah pula. Biasanya mata akan terasa berat dan kabur. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk tidak menggunakan gadget sebelum tidur.

Mengonsumsi makanan kaya vitamin

Banyak makan sayur-sayuran dan buah-buahan merupakan salah satu pola hidup sehat yang tak hanya baik bagi kesehatan mata, tapi juga baik untuk kesehatan tubuh secara umum. Makanan yang kaya vitamin, terutama vitamin A sangat bermanfaat untuk memelihara kesehatan mata.

Selain mengandung vitamin A, makanan yang mengandung vitamin C dan E tak kalah penting untuk kesehatan mata, karena mengandung antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Beberapa buah yang baik untuk kesehatan mata, antara lain: wortel, jeruk, tomat, dan apel.

Penglihatan kabur tak hanya disebabkan oleh mata lelah atau gangguan refraksi mata, namun bisa pula sebagai indikasi terjadinya penyakit lain yang lebih serius. Pada kasus katarak, lensa mata menjadi buram dan menghalangi cahaya mencapai retina, sehingga penglihatan menjadi kabur.

Sedangkan, pada kasus infeksi mata, yaitu konjungtivitis, mata bisa juga menjadi buram karena pengaruh bakteri, jamur, atau virus penyebab infeksi. Pada penderita diabetes juga sering mengalami penglihatan kabur, karena penderita diabetes juga beresiko terkena retinopati diabetik atau kerusakan pembuluh darah dan saraf retina, yang menyebabkan penglihatan menjadi kabur. Kemudian, pada penderita tekanan darah tinggi akan beresiko pula terkena oklusi vena yang membuat penglihatan kabur.

Untuk memastikan kondisi mata yang sebenarnya, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan mata secara rutin. Tak hanya itu, pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh juga diperlukan. Sedangkan untuk menjaga kesehatan mata, selain mengonsumsi makanan yang bernutrisi, mengistirahatkan mata juga menjadi hal yang sangat dianjurkan.

Demikianlah 7 rekomendasi cara mengatasi penglihatan kabur. Jangan lupa untuk terus memelihara kesehatan mata Anda. (SR111)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

− 2 = 2