Home / Gaya Hidup / 7 Trik Mencari Informasi Menggunakan Google

7 Trik Mencari Informasi Menggunakan Google

seruit.id Kecanggihan Google sebagai mesin pencari informasi, memang tak perlu diragukan lagi. Istilah googling atau mencari informasi melalui google sudah menjadi kata yang umum dipakai. Mencari informasi menggunakan google memang cukup mudah, kita hanya perlu mengetikkan beberapa buah kata maka secara otomatis mesin bekerja menyajikan informasi yang kita butuhkan. Namun memilah hasil pencarian yang relevan dengan kebutuhan tentu bisa menjadi masalah yang cukup memusingkan bagi anda.

Berikut ini kita akan mengulas tips pencarian yang efektif memakai mesin pencari Google:

1. Gunakanlah kata kunci yang lebih spesifik dengan tanda kutip.
Salah satu kesalahan yang sering dibuat saat melakukan pencarian melalui google adalah menggunakan kata yang terlalu umum sehingga hasil yang ditampilkan terkadang tidak sesuai dengan informasi yang kita cari. Untuk itu gunakanlah selalu kata kunci yang lebih spesifik dengan tanda kutip “…..”.pada kata yang kita cari. Contoh saat anda mencari informasi tentang Konsep jaringan 4G jangan lupa untuk mengetikkan kata kunci “4G Konsep” di google. Sebaliknya jika hanya mengetikkan 4G kemungkinan hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan harapan anda.

2. Gunakanlah kata kunci yang lebih bervariasi
Apabila anda belum menemukan informasi yang dicari walaupun telah menggunakan kata kunci yang lebih spesifik, tidak ada salahnya apabila anda menggunakan kata kunci yang lebih bervariasi, karena semua informasi yang terdapat di internet berasal dari manusia juga, yang tentunya diungkapkan dengan bahasa dan istilah yang beragam.

Untuk itu kita bisa mencoba menggunakan kata kunci yang lebih bervariasi, saat mencari informasi menggunakan Google. Misalkan ketika anda mengetikkan kata desain website dan tidak mendapatkan informasi yang memuaskan, maka cobalah cari dengan kata kunci “desain web tutorial” itu bisa menjadi sebuah alternatif untuk memperluas hasil pencarian kita.

3. Gunakanlah kalimat Tanya.
Selain dengan mengetikkan kata kunci untuk mencari informasi, mencari tahu dengan menggunakan kalimat tanya juga bisa kita lakukan. Contohnya ketika ingin menemukan informasi tentang Jaringan 4G, anda dapat menggunakan kalimat Tanya “apa itu Jaringan 4G?”. Dengan memakai kalimat tanya, hasil yang didapatkan tidak hanya semakin relevan tetapi juga, dapat langsung dijawab.

4. Gunakan tanda plus (+) dan minus (-)
Tanda Plus (+) dan Minus (-) tidak hanya kita gunakan saat menambahkan atau mengurangkan bilangan tetentu dalam operasi aritmatika. Ternyata kita bisa menggunakan tanda tersebut saat melakukan pencarian di mesin google.

Fungsi tanda Plus (+) adalah untuk menambahkan kata yang ingin dicari, pada pencarian informasi tertentu. Misalkan tentang “Pendiri Perusahaan Apple” (ingat harus disertai tanda kutip) lalu khusus untuk tokoh Steve Job saja. Maka cukup anda tulis “pendiri Apple”+steve job. Hasilnya selain mencari kata kunci pendiri Apple, Google juga akan menempatkan hasil teratas jika ada keyword “steve job”.

Sementara tanda Minus (-) digunakan untuk mengurangi hasil pencarian. Bagaimana cara kerjanya? dan mengapa kita perlu mengurangi hasil pencarian. Ini dikarenakan google mengindex semua halaman website yang dianggapnya penting. Tidak perduli apakah halaman itu sebenarnya hanya berisi iklan, berita, bookmarking dan lain sebagainya.

Bisa kita bayangkan saat kita mencari soal seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri atau SBMPTN di internet. Tapi yang muncul hanya iklan yang cukup mengganggu. Oleh karena itu gunakanlah tanda minus (-) untuk menghilangkan iklan. Menjadi “soal tes sbmptn”-iklan. Tanda minus (-) bisa digunakan agar google tidak mencari di situs tertentu. Terutama situs iklan baris atau situs bookmarking semacam digg.com atau iklanbaris.co.id. contohnya “soal sbmptn”-site:iklanbaris.co.id

5. Mencari tipe file tertentu.
Informasi yang disajikan di internet bukan hanya terdiri dari halaman website, ada beragam jenis file seperti pdf, doc (ms word) mp3 bahkan flv (file video). Caranya cukup gampang tinggal tambahkan kode filetype:”tipe “.

Misalnya ingin mencari soal sbmptn dalam bentuk file pdf, kita tinggal ketikkan saja contoh: filetype:pdf sbmptn. Untuk melihat apa saja kode file yang didukung google bisa dilihat di google advanced.

6. Mencari artikel atau teks di situs tertentu.
Jika kita ingin mencari artikel atau mencari teks di situs tertentu, gunakanlah fungsi “site:” diikuti nama situs, lalu kata yang dicari. Contoh: site:lampungkita.id gaya hidup. Maka google hanya akan menampilkan artikel atau teks yang terdapat pada kanal berita gaya hidup pada website lampungkita.id .

7. Mencari Kurs Mata Uang
Google juga tahu berapa kurs mata uang sekarang. Ingat, satuannya dalam bahasa Inggris.
Contoh: 100 dollar to rupiah. Google menganggap “dollar” sebagai dolar Amerika Serikat. Untuk mata uang dolar lain, gunakan nama lengkapnya. Contoh: 100 singapore dollar to rupiah. (SR002)

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

6 + 2 =