Home / Gaya Hidup / 8 Manfaat Tomat bagi Kesehatan

8 Manfaat Tomat bagi Kesehatan

seruit.id Siapa yang tak kenal dengan tomat. Sebagian orang menyebut tomat sebagai buah, sebagian lagi menyebutnya sebagai sayur. Tomat merupakan buah yang unik, enak untuk dimakan maupun dimasak berbareng dengan sayur mayur yang lain.

Tomat merupakan memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi, manfaat tomat selain didalam bidang kecantikan baik juga untuk kesehatan. Berikut ini adalah manfat tomat bagi kesehatan :

Tomat dapat mencegah kanker. Buah tomat memiliki kandungan likopen. Likopen adalah antioksida alami berfungsi mengurangi resiko terkena kanker prostat, kanker serviks, dan juga kanker perut.

Tomat dapat mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah. Kandungan likopen pada tomat mampu mencegah serut lemak. Penimbunan lemak pada pembuluh darah merupakan penyebab utama timbulnya penyakit kardiovaskular. Mengkomsumsi tomat secara teratur menurunkan level kolestrol jahat dan trigliserida pada darah.

Tomat dapat mencegah katarak. Vitamin A yang terdapat pada buah tomat mampu meningkatkan penglihatan pada seseorang.

Tomat dapaat menurunkan tekanan darah. Tomat diketahui mengandung potassium/kalium tinggi. Potasium adalah vasodilator, artinya merupakan senyawa yang dapat menurunkan tekanan dalam pembuluh darah dan arteri, dengan meningkatkan sirkulasi dan menurunkan stres pada jantung. Oleh karena itu, bagi yang terkena pernyakit darah tinggi, sebaiknya banyak mengkomsumsi tomat.

Tomat dapat mengurangi gejala asma. Peneliti mengungkapkan bahwa kandungan antioksidan likopen yang terdapat dalam tomaat membantu sel asma pada anak kecil untuk memerangi virus dingin.

Tomat dapat mengatasi sembelit. Sembelit dapat menimbulkan resiko gejala kanker usus. Tomat menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan mencegah konstipasi dan juga diare.

Tomat dapat menguatkan tulang. Antioksidan melindungi kerusakan sel yang terjadi akibat radikal bebas, dan sebuah penelitian mengungkapkan likopen juga mampu melindungi dan menstimulasi osteoblast, yang merupakan sel penguat tulang yang dapat menyintesa dan mendeposit matriks tulang.

Tomat dapat mengurangi kadar gula. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa antioksidan pada tomat dapat melindungi ginjal dan aliran darah, dua area yang paling sering terserang diabetes.

Itulah beberapa manfaat buah tomat bagi kesehatan manusia. Selamat mencoba. (SR002)

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

67 − = 64