Selasa , Desember 12 2017
Home / Ensiklopedi Lampung / Bahasa Lampung, Bahasa Utama di Lampung

Bahasa Lampung, Bahasa Utama di Lampung

Lambang Provinsi Lampung (Foto : Pemprov Lampung)
Lambang Provinsi Lampung (Foto : Pemprov Lampung)

Sebagaimana adat istiadat suku-suku di Indonesia, Lampung juga memiliki bahasa daerah sendiri. Bahasa daerah Lampung disebut bahasa Lampung, yang termasuk dalam rumpun bahasa Melayu-Polinesia.

Bahasa Lampung memiliki 2 dialek utama, yaitu dialek nyow dan dialek api. Ke 2 dialek bahasa Lampung ini dipergunakan oleh masyarakat suku Lampung yang tersebar di seluruh Provinsi Lampung. Ada juga masyarakat yang bertempat tinggal di luar Lampung, di selatan Sumatera Selatan, yang mempertuturkan bahasa lampung logat Komering atau logat Jelema Daya. Selain itu, di wilayah Cikoneng, Banten, ada pula masyarakat yang mempertuturkan bahasa Lampung logat Belalau.

Bahasa Lampung juga memiliki beberapa logat dari masing-masing dialek. Bahasa Lampung dialek api memiliki 7 logat, dan bahasa Lampung dialek nyow memiliki 2 logat.

Logat dalam bahasa Lampung dialek api terdiri dari logat Melinting, logat Krui, logat Jelema Daya, logat Pubian, logat Kay Kanan, logat Belalau, dan logat Sungkai. Bahasa Lampung dialek nyow memiliki 2 logat, yaitu logat Abung dan logat Menggala. (SR-001)

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *