Home / Gaya Hidup / Cara Melindungi Data Dengan Google Backup & Sinkronisasi

Cara Melindungi Data Dengan Google Backup & Sinkronisasi

seruit.id Di era kemajuan teknologi informasi saat ini, sudah menjadi keharusan untuk memahami perkembangannya agar tidak tertinggal. Dari masa dimana menyimpan data ke dalam disket, flashdisk, atau harddisk portable yang bisa di bawa kemana saja dan dapat dipakai saat dibutuhkan.

Saat ini teknologi penyimpanan data konvensional seperti tersebut di atas, ternyata mempunyai kelemahan tersendiri, mulai dari rentan terserang virus hingga data yang berserak yang seringkali membuat tidak efektif. Bisa dibayangkan, ketika berada di kantor dan membutuhkan data yang tersimpan di flasdisk tapi tertinggal di rumah? Wah pahamkan gimana ribetnya harus bolak-balik?

Sudah saatnya kini untuk beradaptasi dengan kemajuan dunia digital dan menggunakan penyimpanan online. Dengan menyimpan semua data anda dalam satu tempat yang bisa diakses dengan online, diharapkan menjadi solusi agar bisa mengakses kapan dan dimana saja data-data yang anda perlukan secara online.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, Google meluncurkan aplikasi Backup and Sync-nya, yang memungkinkan anda untuk menduplikat file media penting secara otomatis. Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, berikut lampungkita.id sampaikan caranya.

1. Download aplikasi Backup and Sync

Untuk memulai, kunjungi laman Cadangan dan Sinkronisasi Google dan tekan tombol bertanda ‘Unduh Cadangan dan Sinkronisasi’. Jika prosesnya tidak mengarahkan langsung, halaman berikutnya memiliki link kedua yang bisa digunakan untuk memulai secara manual.

Sebaiknya luangkan beberapa menit untuk mendapatkan paket lengkap setelah anda memberinya izin, dan anda akan segera menerima pesan yang mengkonfirmasi aplikasi Backup and Sync telah diinstal.

2. Masuk ke akun Google Anda

Setelah unduhan dan pemasangan selesai, aplikasi Google Cadangan dan Sinkronisasi akan memuat peluncurnya secara otomatis. Klik tombol ‘Memulai’. Pertama, Anda harus masuk ke Google dengan akun yang sama dengan yang digunakan untuk Google Drive.

3. Pilih file yang akan dicadangkan

Tahap selanjutnya adalah memilih file mana di laptop atau PC yang ingin dibuat cadangannya. Karena Google menawarkan layanan yang sangat komprehensif, anda dapat memilih satu file atau keseluruhan folder.

Sebagai standar, isi desktop anda, folder Dokumen dan folder Gambar anda akan dipilih secara otomatis. Hapus file dari folder yang ingin Anda gunakan, atau cukup hapus seluruh folder untuk mengeluarkannya dari persamaan.

4. Pilihlah kualitas upload foto

Aplikasi Google Cadangan dan Sinkronisasi memungkinkan anda menyimpan foto dengan kualitas tinggi, atau dalam format aslinya. Jika Anda memiliki jumlah penyimpanan terbatas di Google Drive, sebaiknya gunakan opsi ‘Kualitas asli’ jika anda mencadangkan foto yang diambil menggunakan kamera dengan resolusi lebih tinggi dari 16MP, atau video yang terekam di 1080p.

Gunakan opsi ‘Kualitas tinggi’ jika Anda telah mendaftar ke penyimpanan tak terbatas. Ingat, jika Anda memiliki smartphone Pixel, maka tidak ada batasan penyimpanan.

5. Sinkronkan folder Anda di Google Drive

Bagian ketiga dari proses Google Backup and Sync mengharuskan memilih folder yang ingin anda sinkronkan dari akun Google Drive. Anda dapat membiarkan aplikasi menyetel semuanya, atau memilih sendiri pilihannya. Kedua opsi akan memberi anda peringatan ukuran file, jadi pastikan tersedia cukup ruang di akun Google Drive anda.

6. Buat folder sync di desktop Anda

Klik tombol ‘Mulai’ di kanan bawah, dan folder Google Drive baru akan dibuat di desktop Anda. Ini berisi salinan semua dokumen, foto, dan file media yang tersimpan di akun Google Drive anda. Ingatlah bahwa folder ini bisa menjadi agak besar.

7. Nikmati sinkronisasi otomatis

Semua file pilihan anda sekarang dicadangkan dan disinkronkan antara Google Drive dan desktop anda. Ini adalah proses yang cepat, mudah dan tidak menyakitkan yang ideal jika anda menggunakan Google Drive secara teratur dan ingin menyimpan foto anda di tempat yang sama dengan pekerjaan anda. Ingat, semua file dan foto yang dimasukkan ke folder pilihan anda akan dicadangkan secara otomatis.

8. Upgrade untuk lebih banyak tempat

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, anda memiliki opsi untuk melakukan upgrade ke akun Premium Google Drive, yang dapat memberi lebih banyak ruang untuk penyimpanan data anda. (SR002)

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 60 = 67