Selasa , Januari 23 2018
Home / Sosok / Chodri Cahyadi, Kepala Desa Yang Visioner

Chodri Cahyadi, Kepala Desa Yang Visioner

Chodri Cahyadi Bersama Warganya dalam Kegatan Desa (Foto : http://http://on.fb.me/1PUvjah)
Chodri Cahyadi Bersama Warganya dalam Kegatan Desa (Foto : http://on.fb.me/1PUvjah)

Tak banyak anak muda yang berkeinginan tinggal di desa dan membangun desanya. Namun, hal ini tidak berlaku untuk Chodri Cahyadi. Di usianya yang ke 32 tahun, Ia terpilih sebagai Kepala Desa (Kades) dan memimpin Desa Hanura, Teluk Pandan, Pesawaran dan resmi dilantik sejak November 2012 silam. Ayah dua orang anak yang tinggal di Dusun C, Desa Hanura ini mempimpin desa berpenduduk lebih dari 6.000 jiwa.

Chodri Cahyadi yang sempat mengenyam pendidikan di universitas namun tidak lulus ini pernah merasakan kerasnya kehidupan di kota metropolitan Jakarta. Namun, kehidupan yang individualis di Jakarta lah yang membuatnya memutuskan kembali ke desa kelahirannya, Desa Hanura.

Chodri Cahyadi Bersama TNI AL dalam Sebuah Kegiatan di Desa Hanura (Foto : http://on.fb.me/1ofxU4x)
Chodri Cahyadi Bersama TNI AL dalam Sebuah Kegiatan di Desa Hanura (Foto : http://on.fb.me/1ofxU4x)

Berbekal niat untuk mengubah Desa Hanura menjadi lebih baik, Chodri Cahyadi percaya diri untuk membangun Desa Hanura. Dalam kepemimpinannya, warga Desa Hanura diperjuangkan untuk selamat sandang, selamat papan, selamat pangan dan selamat jiwanya. Terbukti, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) dan Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) Desa Hanura, Chodri Cahyadi mengalokasikan seluruh sumberdaya desanya untuk meningkatkan taraf hidup warga Desa Hanura. Tak hanya itu, di masa kepemimpinannya, jalan raya desa seluruhnya di aspal. Hal ini menunjukan kesungguhan seorang Chodri Cahyadi sebagai Kepala Desa Hanura terhadap kebutuhan warga Desa Hanura.

Menurutnya, seluruh sumberdaya Desa Hanura harus diterjemahkan menjadi program pembangunan yang termaktub dalam RPJMDes dan RKPDes. Masih menurutnya, program pembangunan Desa Hanura harus dapat meningkatkan perekonomian warganya, memeunuhi kebutuhan infrastruktur warganya dan mampu mendorong partisipasi warganya dalam memajukan desa.

1111
Chodri Cahyadi Bersama Keluarganya (Foto : http://on.fb.me/20Tt4uW)

“Warga Desa Hanura harus selamat sandang, selamat papan, selamat pangan dan selamat jiwanya dengan program pembangunan desa yang telah disusun dalam RPJMDes dan RPKDes”, tegas Chodri Cahyadi.

Kesungguhan niat dan kerja keras Chodri Cahyadi ini berbuah manis dengan meningkatnya pendapatan asli desa hingga 146 juta rupiah, terkelolanya inventaris desa, kerukunan umat beragama yang terbina baik dan Desa Hanura menjadi salah satu Desa Informasi di Lampung. Niat dan kerja keras Chodri Cahyadi ini tentu saja memiliki tantangan, mengingat jumlah penduduk desa hanura yang berjumlah 6.000 jiwa lebih.

Sebagai cucu perintis Desa Hanura, Chodri Cahyadi memeiliki kiat untuk memimpin ribuan warganya karena tanpa dukungan warga program pembangunan desa yang diagendakannya tidak akan berhasil. Untuk itu Chodri Cahyadi rajin untuk “nyangkir” ke rumah-rumah warga untuk berdialog dan mengajak warganya berpartisipasi membangun Desa Hanura.

Chodri Cahyadi Berfoto Bersama Presiden Joko Widodo dan Menteri Desa (Foto : http://on.fb.me/1oB9mD2)
Chodri Cahyadi Berfoto Bersama Presiden Joko Widodo dan Menteri Desa (Foto : http://on.fb.me/1oB9mD2)

“Nyangkir itu nyencang pikir, saya berusaha duduk bersama sambil minun kopi atau teh di rumah warga untuk berdialog dan bermusyawarah bagaimana memajukan Desa Hanura“, jelas Chodri Cahyadi.

Disisi lain, keberhasilan Chodri Cahyadi mempimpin Desa Hanura yang membutuhkan waktu dan kerja yang luar biasa ini menyebabkan waktu yang diluangkannya untuk keluarga menjadi berkurang. Untuk menjaga keutuhan dan keharmonisan keluarganya, Chodri Cahyadi selalu mengajak berdialog istri dan anak-anaknya tentang perannya sebagai Kepala Desa Hanura. Selain itu, Chodri Cahyadi selalu menyempatkan diri untuk berbagi waktu dengan keluarganya dengan kegiatan bersama, bermain dengan anak-anaknya dan berwisata bersama keluarganya.

Untuk mempercepat proses terwujudnya impiannya memajukan Desa Hanura, Chodri Cahyadi memimpin stafnya untuk mampu melayani warganya dan mampu bekerjasama dengan pihak lain. Kini, selain melayani warga Desa Hanura, Chodri Cahyadi telah mengunjungi banyak desa di Indonesia untuk mendorong Kepala Desa lain mengikuti jejaknya dalam memajukan desa yang dipimpin. (SR-001)

Baca Juga :

One comment

  1. Patut di tiru kades-kades lain

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *