Home / Komunitas / dedemIT Lampung, Komunitas Desa-Desa Melek IT

dedemIT Lampung, Komunitas Desa-Desa Melek IT

Lambang dedemIT Lampung (Foto : http://dedemitlampung.web.id
Lambang dedemIT Lampung (Foto : http://dedemitlampung.web.id

Nama dedemIT Lampung memang membuat kita bertanya-tanya, apa dan kegiatannya seperti apa karena kata dedemIT Lampung berasosiasi dengan demit (dalam bahasa Jawa berarti makhluk halus). Namun, jangan khawatir bahwa komunitas bernama dedemIT Lampung ini tidak akan menakut-nakuti orang dengan hal-hal berbau klenik. dedemIT Lampung merupakan kependekan dari Desa-Desa Melek Informasi dan Teknologi Lampung.

Komunitas yang dikoordinatori oleh Adi Sholehudin Sidiq ini berdiri sejak awal tahun 2015. Sejak pendiriannya, dedemIT Lampung rajin melakukan sosialisasi pentingnya teknologi informasi untuk masyarakat desa. Selain itu, dedemIT Lampung juga rajin memberikan pelatihan pemanfaatan teknologi informasi kepada masyarakat desa.

Menurut Adi Sholehudin Sidiq, dedemIT Lampung fokus pada upaya membangun sistem informasi desa (SID) di beberapa desa di Lampung. Adi juga menjelaskan, bahwa dedemIT Lampung juga memfasilitasi Pemerintah Desa untuk memiliki website desa yang berfungsi sebagai saluran informasi desa.

Suasana Pelatihan Website Desa yang Dilaksanakan dedemIT Lampung (Foto : http://dedemitlampung.web.id)
Suasana Pelatihan Website Desa yang Dilaksanakan dedemIT Lampung (Foto : http://dedemitlampung.web.id)

“Setidaknya ada 47 desa di Lampung yang difasilitasi dedemIT Lampung untuk memiliki website desa dari tahun 2014″, jelas Adi.

Keanggotaan dedemIT Lampung bersifat sukarela, tidak ada uang pangkal apalagi iuran bulanan. Keanggotaan dedemIT Lampung lebih didasari pada keinginan untuk membuat desa dan masyarakat desa “melek” informasi

“Orang desa harus “melek” informasi dan teknologi, dalam artian mengetahui beragam informasi yang berhubungan dengan kehidupannya dan dapat memanfaatkan teknologi untuk memudahkan aktivitasnya”, tegas Adi.

Dalam hal pemanfaatan teknolgi informasi, dedemIT Lampung cukup mandiri memanfaatkan peralatan yang ada di desa dengan berbekal sistem operasi komputer terbuka atau dikenal dengan open source. dedemIT Lampung rajin mensosialisasikan pentingnya penggunaan linux di perdesaan untuk mengurangi ketergantungan pada penggunaan aplikasi komputer berbayar dan aplikasi komputer bajakan.

Masih menurut Adi, dengan linux, masyarakat desa dapat melakukan penghematan biaya instalasi komputer hingga ratusan ribu rupiah per tahun karena terbebas dari kerusakan sistem komputer akibat virus komputer dan aplikasi bajakan. Menurutnya, jika linux digunakan masyarakat desa, perangkat komputer “jadul” (zaman dulu) dapat digunakan kembali dan dimaksimalkan fungsinya, berbeda dengan sistem operasi berbayar yang membutuhkan spesifikasi peralatan terbaru.

Anggota dedemIT Lampung Sedang Mengujicoba Raspberry PI 2 (Foto : http://dedemitlampung.web.id)
Anggota dedemIT Lampung Sedang Mengujicoba Raspberry PI 2 (Foto : http://dedemitlampung.web.id)

“Kalau Pemerintah Desa juga pakai linux, Pemerintah Desa dapat menghemat APBDes sebesar 1 juta rupiah per tahun”, jelas Adi.

Hingga kini, anggota dedemIT Lampung berjumlah 30 orang yang tersebar di desa-desa di Tanggamus, Pesawaran, Pringsewu, Tulang Bawang, Lampung TImur dan Lampung Selatan. Mereka berasal dari beragam profesi, mahasiswa, guru, staf desa, pemuda dan remaja.

Tahun 2016 ini, dedemIT Lampung memfokuskan diri untuk mengembangkan SID yang diberi nama SIGER MAS dan memasyarakatkan penggunaan sistem operasi komuter desa 2.0. Keduanya merupakan produk andalan yang dihasilkan Gerakan Desa Membangun (GDM), yang menjadi mitra dedemIT Lampung.

“SIGER MAS dan desa 2.0 kami bagikan gratis ke desa-desa supaya desa-desa cepat maju dalam hal teknologi informasi”, tambah Adi.

Untuk mewujudkan tujuan pendiriannya, dedemIT Lampung bermitra dengan berbagai pihak. Saat ini dedemIT Lampung bermitra dengan Gedhe Foundation, Komunitas Pengguna Ubuntu (KPU) Lampung, Jaringan Radio Komunitas Lampung (JRKL), Kawan Tani, Relawan TIK dan beberapa Pemerintah Desa di Lampung. Ke depan, dedemIT Lampung akan menjadi bagian dari program Agen Perubahan Informatika yang digagas Kemkominfo. (SR-001)

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 79 = 85