Selasa , Januari 23 2018
Home / Pesawaran / Desa Hanura Bersiap Jadi Gerbang Wisata

Desa Hanura Bersiap Jadi Gerbang Wisata

Lambang Desa Hanura (Foto : http://on.fb.me/20sfzwE)
Lambang Desa Hanura (Foto : http://on.fb.me/20sfzwE)

Desa Hanura yang bearada di Teluk Pandan, Pesawaran terus berbenah diri dan bersiap menjadi Desa Gerbang Wisata di Pesawaran. Desa yang berjarak kurang dari 50 Km dari Bandar Lampung ini mempersiapkan diri menjadi gerbang wisata bahari dan ekowisata.

Mulai 2016 ini, Desa Hanura mulai membangun sarana dan prasarana yang menunjang wisata di kawasan pesisir Teluk Lampung. Salah satunya adalah dengan mempersiapkan peta penuntuk arah ke lokasi wisata yang ada di seputar Desa Hanura. Tak tanggung-tanggung, Pemerintah Desa Hanura telah mengalokasikan anggaran pembangunan fasilitas pujasera (pusat jajan serba ada), rest area, dan lapangan parkir dalam APBDes (Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa) Desa Hanura tahun anggaran 2016

Musyawarah dan Sosialisasi Gagasan Desa Hanura Sebagai Gerbang Wisata (Foto : http://on.fb.me/1o5UV9A)
Musyawarah dan Sosialisasi Gagasan Desa Hanura Sebagai Gerbang Wisata (Foto : http://on.fb.me/1o5UV9A)

Untuk keamanan dan keyamanan wisatwan yang singgah di Desa Hanura, Pemerintah Desa Hanura telah mempersiapkan pengamanan swakarsa dari warga Desa Hanura yang berfungsi layaknya seperti polisi pariwisata. Selain itu, Desa Hanura juga mulai melakukan pemberdayaan insdustri kerajinan sebagai pelengkap wisata.

Chodri Cahyadi, Kepala Desa Hanura, menjelaskan bahwa pengembangan Desa Hanura sebagai gerbang wisata bahari Pesawaran telah dirumuskan dalam RPJMDes (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa) Desa Hanura dan RKP (Rencana Kerja Pembangunan) Desa Hanura tahun 2016. Chodri Cahyadi menambahkan, dengan slogan “Mari Berdaya, Berkarya dan Berupaya”, Ia mengajak seluruh warga Desa Hanura berpartisipasi dalam mewujudkan Desa Hanura sebagai gerbang wisata bahari Pesawaran dan mengambil manfaat ekonomi yang timbul dari industri wisata yang mulai tumbuh di sepanjang Teluk Lampung tersebut.

Gagasan H Walk Market Wisata Kuliner Desa Hanura (Foto : http://on.fb.me/1XnrID7)
Gagasan H Walk Market Wisata Kuliner Desa Hanura (Foto : http://on.fb.me/1XnrID7)

“Selain memberdayakan industri kerajinan warga Desa Hanura, dalam waktu dekat ini, Desa Hanura akan membangun pusat wisata kuliner berkonsep H Walk Market untuk menunjang upaya mewujudkan Desa Hanura sebagai gerbang wisata bahari Pesawaran”, jelas Chodri Cahyadi.

Chodri Cahyadi juga menambahkan bahwa untuk mempercepat terwujudnya gagasan gerbang wisata Desa Hanura tersebut, pihaknya telah melakukan kerjasama dengan berbagai pihak.

Desa Hanura telah bekerjasama dengan desa-desa sekitar untuk mengembangkan BKAD (Badan Kerjasama Antar Desa) kepariwisataan, TNI AL, Satpol PP, Dinas Pariwisata Pesawaran, dan pengelola tempat wisata agar gagasan gerbang wisata cepat terwujud”, jelas Chodri Cahyadi.

Chodri Cahyadi menyadari, gagasan Desa Hanura sebagai gerbang wisata bahari Pesawaran akan cepat terwujud jika terbangun kesadaran di semua lapisan warga Desa Hanura tentag pentingnya keramahtamahan dan ketertiban untuk menunjang industri wisata. Untuk itu, Ia dan aparat Pemerintah Desa Hanura yang dipimpinya, terus melakukan sosialisasi dan pemberdayaan bidang kepariwisataan kepada warga Desa Hanura. (SR-001)

Baca Juga :

2 comments

  1. Mantap. Ini benar-benar desa membangun.

  2. Desa Hanura makin menggeliat. Semua tak lepas dari kerja keras Pak Kades Chodri Cahyadi, Pak Sekdes Agus Guntoro dan seluruh staf Desa Hanura.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *