Home / Ensiklopedi Lampung / Gedung Daswati I, Gedung Bersejarah Di Lampung

Gedung Daswati I, Gedung Bersejarah Di Lampung

Suasana Rapat Panitia Pembentukan Daswati I Lampung (Foto : cawageh.com)
Suasana Rapat Panitia Pembentukan Daswati I Lampung (Foto : cawageh.com)

Tak banyak orang yang mengenal apa itu Daswati I Lampung, apalagi mengetahui akronim dari Daswati I. Daswati I adalah akronim dari Daerah Swatantra Tingkat I atau disebut sebagai Provinsi di zaman sekarang. Awalnya, Lampung termasuk dalam bagian wilayah Daswati I Sumatera Selatan.

Inisiatif masyarakat Lampung untuk membentuk Provinsi Lampung diawali pada tahun 1962. Ditahun itu, seluruh Bupati dan Residen Lampung sepakat atas keputusan bersama petisi yang menuntut agar Keresidenan Lampung diubah menjadi Daswati I Lampung dan terpisah dari Dasawati I Sumatera Selatan.

Petisi tersebut lalu ditindak lanjuti 9 partai politik yang ada di Lampung dengan inisiatif membentuk Panitia 13 yang melibatkan perwakilan partai politik dan organisasi masyarakat dengan Program Perjuangan Penuntutan Berdirinya Daswati I Lampung pada 7 Maret 1963. Sebelumnya, pembentukan panitia ini sempat ditentang oleh Pemerintah saat itu.

Kantor Daswati I Lampung (Foto : Lampung Heritage)
Kantor Daswati I Lampung (Foto : Lampung Heritage)

Untuk memuluskan Program Perjuangan Penuntutan Berdirinya Daswati I Lampung, Panitia 13 sepakat kantor di rumah Kapten Ahmad Ibrahim yang kini berada di Jl. Tulang Bawang No 15, Enggal, Bandar Lampung. Rumah Kapten Ahmad Ibrahim ini juga pernah menjadi kantor Front Nasional (FN) untuk mendukung program Presiden Soekarno.

Selain berkantor di Lampung, Panitia 13 juga membentuk Panitia Penghubung yang pimpin Kapten Ahmad Ibrahim di Jakarta dan Palembang . Panitia penghubung ini bertugas meyakinkan Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daswati I Sumatera Selatan akan pentingnya pembentukan Daswati I Lampung.

Kondisi Kantor Daswati I Lampung Sekarang (Foto : Keliling Lampung)
Kondisi Kantor Daswati I Lampung Sekarang (Foto : Keliling Lampung)

Kerja Panitia 13 dan Panitia Penghubung membuahkan hasil, pada 7 Januari 1964. Kepala Daswati I Sumatera Selatan menyetujui persiapan pembentukan Daswati I Lampung. Kemudian, pada 8 Januari 1964, Pemerintah Daswati I Sumatera Selatan mengeluarkan Surat Keputusan Nomor: L.5/1964 yang menyetujui pembentukan Daswati I Lampung.

Berbagai kerja persiapan pembentukan Daswati I Lampung terus dilakukan. Sejak saat itu, masyarakat Lampung semakin yakin dengan akan terbentuknya Daswati I Lampung.

Puncaknya, pada 18 Maret 1964, terjadi penyerahan kewenangan pemerintahan dari Daswati I Sumatera Selatan kepada Daswati I Lampung melalui Peraturan Pemerintah Nomor 3/1964 yang kemudian menjadi Undang-undang Nomor 14 tahun 1964. Sejak 18 Maret 1964, rumah Kapten Ahmad Ibrahim yang kini berada di Jl. Tulang Bawang No 15, Enggal, Bandar Lampung, resmi menjadi Kantor Daswati I Lampung (di masa kini kantor ini adalah Kantor Gubernur). Kini Daswati I Lampung berubah nama menjadi Provinsi Lampung. (SR-001)

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

54 + = 59