Selasa , Desember 12 2017
Home / Bandar Lampung / Gerhana Matahari Lewati Lampung

Gerhana Matahari Lewati Lampung

Gerhana Matahari Total (Foto : http://berita8.com)
Gerhana Matahari Total (Foto : http://berita8.com)

Gerhana matahari adalah fenomena alam langka yang tidak setiap saat terjadi dan diperkirakan terjadi 375 tahun sekali. Gerhana matahari adalah peristiwa alam dimana bayangan bulan menutupi seluruh area matahari yang terlihat dari bumi.

Pada 9 Maret 2016 besok, beberapa wilayah di Indonesia dapat menyaksikan gerhana matahari total. Lampung termasuk wilayah yang akan dilewati lintasan gerhana matahari. Namun, masyarakat Lampung diperkirakan hanya dapat melihat gerhana matahari sebagian.

Tips Menyaksikan dan Memotret Gerhana Matahari (Foto : http://beritagar.id)
Tips Menyaksikan dan Memotret Gerhana Matahari (Foto : http://beritagar.id)

Gerhana matahari di Lampung diperkirakan dapat disaksikan oleh masyarakat pada jam 06:19 WIB. Pada puncak gerhana matahari, masyarakat Lampung diperkirakan dapat melihat cahaya matahari seperti bulan sabit pada jam 07.20 WIB.

Menurut beritagar.id, disarankan untuk tidak menyaksikan gerhana matahari dengan mata telanjang karena sangat berbahaya bagi kesehatan mata dan akan mempengaruhi penglihatan. Waktu berbahaya bagi mata manusia untuk menyaksikan gerhana matahari adalah saat akan berakhirnya gerhana matahari, dimana cahaya matahari akan terlihat lebih terang. Ada baiknya bagi anda yang ingin menyaksikan gerhana matahari untuk menggunakan live view kamera untuk menghindari kontak langsung cahaya gerhana matahari dengan mata.

Bagi anda yang menyukai fotografi, beritagar.id menyarankan juga untuk berhati-hati memotret gerhana matahari. bertitagar.id menyarankan bagi anda yang ingin memotret matahari menggunakan lensa khusus astronomi untuk menghasilkan foto gerhana matahari yang baik. Selain itu, penggunaan filter ND4 atau ND8 pada lensa kamea saat memotret gerhana matahari akan mengurangi risiko rusaknya sensor kamera. (SR-001)

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *