Selasa , Desember 12 2017
Home / Bandar Lampung / Gerhana Matahari Terlihat di Bandar Lampung

Gerhana Matahari Terlihat di Bandar Lampung

Pengamatan Gerhana Matahari yang Dilakukan seruit.id di Bandar Lampung (Foto : Rifky Indrawan)
Pengamatan Gerhana Matahari yang Dilakukan seruit.id di Bandar Lampung (Foto : Rifky Indrawan)

Pagi, jam 6:19, langit Bandar Lampung bagian timur terlihat berawan. Matahari tertutup awan di langit Bandar Lampung bagian timur.

Tentu saja hal ini membuat was-was masyarakat Bandar Lampung yang ingin menyaksikan dan mengabadikan peristiwa gerhana matahari. Namun, berangsur-angsur awan yang menutup matahari di langit Bandar Lampung bagian timur mulai bergerak dibawa angin.

Dari tempat pengamatan seruit.id, pengeras suara Masjid dan Mushola mulai mengumumkan pelaksanaan shalat gerhana. Masjid dan Mushola juga memberitahukan alasan dan tata cara melaksanakan shalat gerhana.

Memasuki jam 7:00, langit Bandar Lampung bagian timur mulai terlihat cerah walapun sesekali awan melintas dan menutupi matahari. Gerhana matahari mulai terlihat jelas, namun tidak dapat dilihat dengan pengamatan mata telanjang karena silaunya cahaya matahari.

Kondisi Menjelanh Berakhirnya Gerhana Matahari di Bandar Lampung (Foto : Rifky Indrawan)
Kondisi Menjelang Berakhirnya Gerhana Matahari di Bandar Lampung (Foto : Rifky Indrawan)

Pengamatan gerhana matahari yang dilakukan seruit.id menggunakan kacamata khusus, yaitu kacamata las. Dengan kacamata las, proses terjadinya gerhana matahari dapat terlihat jelas. Untuk pemotretan gerhana matahari, seruit.id menggunakan kaca las untuk menutupi lensa kamera.

Gerhana matahari yang terlihat di Bandar Lampung memang bukanlah gerhana matahari total. Namun, gerhana matahari yang terlihat di Bandar Lampung hampir terlihat sempurna. Puncak gerhana matahari di Bandar Lampung terjadi pada jam 7:22 dengan bentuk cahaya matahari terlihat seperti bulan sabit.

Dari pengamatan seruit.id, gerhana matahari di Bandar Lampung berakhir pada jam 8:31. Walaupun tidak dapat melihat gerhana matahari total karena Bandar Lampung bukan termasuk wilayah yang dilintasi gerhana matahari total, gerhana matahari yang terlihat cukup jelas menggambarkan proses cahaya matahari yang ditutupi bayangan bulan. (SR-001)

Baca Juga :

3 comments

  1. Wih mantep pake kacamata las

  2. Gerhana menurut cak nun yang di tutupi atau menutupi. Trus gmn…bersambung aja..hidup .DeDemit lampung

  3. Wah seneng ya yg bs merasakan langsung di daerah yg menikmati gerhana matahari total…..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *