Selasa , Desember 12 2017
Home / Ensiklopedi Lampung / Pembentukan Kabupaten Pesawaran

Pembentukan Kabupaten Pesawaran

Lambang Kabaputen Pesawaran (Foto : Kemendagri)
Lambang Kabaputen Pesawaran (Foto : Kemendagri)

Pesawaran adalah salah satu Kabupaten di Provinsi Lampung. Sebelum tahun 2007, Pesawaran adalah bagian dari Kabupaten Lampung Selatan. Pesawaran terletak di antara Kabupaten Tanggamus, Kabupaten Pringsewu, Kota Bandar Lampung, dan Kabupaten Lampung Selatan.

Di tahun 1967, Pesawaran adalah sebuah Kewedanaan, bagian dari Kabupaten Lampung Selatan. Di tahun 1967 tersebut, Pesawaran bernama Kewedanaan Gedong Tataan.

Gagasan pembentukan Kabupaten Pesawaran telah muncul sejak tahun 1968, dimana Kabupaten Lampung Selatan diusulkan untuk dimekarkan menjadi 3 Kabupaten. Ketiga Kabupaten tersebut adalah Kabupaten Rajabasa, Kabupaten Tanggamus, dan Kabupaten Pesawaran. Namun, gagasan pemekaran Kabupaten Lampung Selatan ini tidak terealisasi.

Gagasan pembentukan Kabupaten Pesawaran kembali bergulir pada tahun 1969. Di tahun 1969, Pemerintahan Negeri dan DPR Negeri mengusulkan pemekaran wilayah Kabupaten Lampung Selatan. Kewedanaan Pringsewu diusulkan berubah menjadi Kabupaten Pesawaran, dan Kewedanaan Kota Agung menjadi Kabupaten Tanggamus.

Namun gagasan pembentukan Kabupaten Pesawaran lagi-lagi menemui jalan buntu. Berbeda dengan gagasan pembentukan Kabupaten Pesawaran, Kabupaten Tanggamus akhirnya terbentuk pada tahun 1997.

Gerbang Pusat Perkantoran Kabupaten Pesawaran (Foto : RRI)
Gerbang Pusat Perkantoran Kabupaten Pesawaran (Foto : RRI)

Dari tahun ke tahun, gagasan pembentukan Kabupaten Pesawaran terus mengemuka. Pada 16 April 2001, terbentuklah Panitia Pelaksana Persiapan Kabupaten Pesawaran (P3KP). P3KP bertugas untuk membentuk Kabupaten Pesawaran yang dimekarkan dari wilayah Kabupaten Lampung Selatan dan sekaligus mengadvokasi penyusunan Undang-Undang pembentukan Kabupaten Pesawaran.

Pada Tahun 2002, hasil penelitian Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dan Lembaga Penelitian Universitas Lampung menyatakan Kabupaten Lampung layak dimekarkan menjadi dua Kabupaten yaitu Kabupaten Lampung Selatan dan Kabupaten Pesawaran. Hasil penelitian ini membuat P3KP menjadi lebih bersemangat untuk membentuk Kabupaten Pesawaran.

Bupati Pesawaran Periode 2016-2021 (Foto : Pemkab Pesawaran)
Bupati Pesawaran Periode 2016-2021 (Foto : Pemkab Pesawaran)

Berbagai usaha advokasi dilakukan P3KP untuk membentuk Kabupaten Pesawaran. Hasilnya, pada 17 Juli 2007 DPR RI menyetujui pembentukan Kabupaten Pesawaran dengan ibukota Gedong Tataan. Melalui Undang-Undang No. 33 tahun 2007, Kabupaten Pesawaran menjadi salah satu Kabupaten di Provinsi Lampung dengan 7 Kecamatan, yaitu Gedong Tataan, Negeri Katon, Kecamatan Tegineneng, Way Lima, Padang Cermin, Punduh Pidada dan Kedondong.

Wakil Bupati Pesawaran Periode 2016-2021 (Foto : Pemkab Pesawaran)
Wakil Bupati Pesawaran Periode 2016-2021 (Foto : Pemkab Pesawaran)

Menindaklanjuti terbentuknya Kabupaten Pesawaran, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) menunjuk Drs. H. HARIS FADILAH, M.M sebagai Penjabat Bupati Pesawaran. Penunjukan tersebut berdasarkan surat Mendagri Nomor : 135/2051/SJ tanggal 31 Aagustus 2007 tertanggal 2 November 2007.

Pada tahun 2010, Kabupaten Pesawaran menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Rakyat pesawaran memilih Aries Sandi Darma Putra menjadi Bupati pertama pilihan rakyat melalui Pilkada Pesawaran.

Di tahun 2015, Kabupaten Pesawaran kembali menggelar Pilkada langsung. Hasilnya, H. Dendi Ramadhona, ST dan Eriawan, SH terpilih menjadi Bupati dan Wakil Bupati  Pesawaran untuk masa jabatan 2016-2021.

Percepatan pembangunan di Kabupaten Pesawaran mendorong dimekarkannya kembali 7 wilayah Kecamatan. Kini wilayah Kabupaten Pesawaran berubah menjadi 11, yaitu Gedong Tataan, Kedondong, Negeri Katon, Padang Cermin, Pidada, Way Lima, Way Khilau, Marga Punduh, Teluk Pandan dan Way Ratai. (SR-001)

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *