Selasa , Januari 23 2018
Home / Pesawaran / Pesawaran Garap Potensi Wisata Desa

Pesawaran Garap Potensi Wisata Desa

Suasanan Pertemuan Kepala Desa se Kecamatan Teluk Pandan dan Dispaekraf Pesawaran di Kantor Desa Hanura (Foto : Agus Guntoro)
Suasanan Pertemuan Kepala Desa se Kecamatan Teluk Pandan dan Dispaekraf Pesawaran di Kantor Desa Hanura (Foto : Agus Guntoro)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran rencanakan garap potensi wisata desa-desa di Kecamatan Teluk Pandan. Melalui Dinas Pariwisatadan Ekonomi Kreatif (Disparekraf), Pemkab Pesawaran akan gali potensi wisata desa-desa di Teluk pandan yang umumnya terkait dengan ekowisata dan wisata pantai.

Hal tersebut dikemukakan oleh Agus Guntoro, Sekretaris Desa Hanura. Menurutnya, ada 10 desa di Kecamatan Teluk Pandan Pesawaran yang bersepakat dengan Dispaekraf Pesawaran untuk menggali potensi wisata pantai dan ekowisata desa.

“Tanggal 17 Maret 2016 lalu sudah ada pertemuan Dispaekraf Pesawaran dengan 10 Kepala Desa di Kantor Desa Hanura dan sepakat untuk gali potensi wisata pantai dan ekowisata”, jelas Agus Guntoro.

Agus Guntoro menjelaskan bahwa dalam pertemuan yang difasilitasi Kepala Desa Hanura tersebut, Joko Iskandar, Sekretaris Dispaekraf Pesawaran sepakat dengan usulan 10 Kepala Desa untuk kembangkan wisata setempat karena menjadi salah satu arah kebijakan pembangunan Pesawaran. Agus Guntoro menambahkan bahwa penatakelolaan wisata desa di Kecamatan Teluk Pandan, Pesawaran melibatkan masyarakat agar memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat sekitar.

“Kepala Desa Hanura mengusulkan agar masyarakat akan dilibatkan dalam penggalian potensi wisata desa agar masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraan ekonominya dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Pesawaran meningkat”, tambah Agus Guntoro.

Dalam pertemuan tersebut, juga dicapai kesepakatan untuk saling memberikan dukungan antara Pemerintah Desa (Pemdes) dan Pemkab Pesawaran dalam pengembangan wisata desa. 10 Pemdes di Kecamatan Teluk Pandan, Pesawaran berjanji akan mengalokasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) untuk membangun fasilitas penunjang wisata desa. (SR-001)

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *