Selasa , Desember 12 2017
Home / Ensiklopedi Lampung / Tugu Adipura Bandar Lampung

Tugu Adipura Bandar Lampung

Tugu Adipura 02
Pemandangan Tugu Adipura Bandar Lampung di Siang Hari (Foto : Rifky Indrawan)

Tugu Adipura Bandar Lampung berada di Kecamatan Enggal, Bandar Lampung. Tugu Adipura Bandar Lampung tepat berada di simpang empat Jl.Raden Intan, Jl.Jendral Sudirman, Jl. Diponegoro dan Jl. A Yani.

Tugu Adipura juga dikenal oleh masyarakat Lampung sebagai Tugu Gajah atau Bunderan Gajah. Tugu Adipura memmiliki dimensi tinggi 30 meter dan luas sekitar 400 m.

Tugu Adipura didirikan untuk mengenang kesuksesan Bandar Lampung dalam menerima banyak Piala Adipura sebagai Kota terbersih. Secara Khusus, Tugu Adipura dibangun setelah Kota Bandar Lampung menerima Piala Adipura pada tahun 1995. Tugu Adipura ini dibangun pada masa kepemimpinan Walikota Bandar Lampung, Drs. Nurdin Muhayat dan dipercantik pada masa kepemimpinan Walikota Bandar Lampung, Drs. Soeharto di tahun yang sama.

Pemandangan Tugu Adipura Bandar Lampung di Malam Hari (Foto : www.starpurnama.blogspot.co.id)
Pemandangan Tugu Adipura Bandar Lampung di Malam Hari (Foto : www.starpurnama.blogspot.co.id)

Tugu Adipura Bandar Lampung memiliki beberapa ornamen hiasan, yang terdiri dari replika Piala Adipura berukuran besar, hiasan payung khas Lampung, kolam dengan air mancur, patung gajah bermain bola, dan hiasan motif kain tapis. Di replika Piala Adipura tertulis tanggal penyerahan piala tersebut, yaitu 5 Juni 1995. Diatas replika Piala Adipura terdapat hiasan payung khas Lampung bersusun tiga dan di bawah replika Piala Adipura terdapat empat patung gajah sedang bermain bola. Di sekiling Tugu Adipura diberi hiasan motif tapis Lampung.

Tugu Adipura Bandar Lampung menjadi land mark paling terkenal di Lampung. Di malam hari, kawasan Tugu Adipura digunakan masyarakat sebagai tempat berkumpul dan bersantai. Di siang hari Tugu Adipura menjadi tempat terpopuler bagi pengunjuk rasa untuk menyampaikan aspirasinya. (SR-001)

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *