Jumat , Desember 15 2017
Home / Ensiklopedi Lampung / Tugu Bambu, Penanda Ibu Kota Pringsewu

Tugu Bambu, Penanda Ibu Kota Pringsewu

Pemandangan Tugu Bambu Dari Arah Gading Rejo (Foto : http://bit.ly/1QocjmC)
Pemandangan Tugu Bambu Dari Arah Gading Rejo (Foto : http://bit.ly/1QocjmC)

Pringsewu adalah salah satu Kabupaten baru di Provinsi Lampung. Namun, sebagai Kabupaten baru yang dimekarkan dari Kabupaten Tanggamus, Pringsewu tumbuh dengan pesat. Berbagai fasilitas umum dan fasilitas pemerintahan dibangun di Pringsewu.

Salah satu fasilitas umum yang terkenal di Pringsewu adalah Tugu Bambu Pringsewu. Tugu Bambu Pringsewu adalah simbol penanda bagi pengguna jalan raya saat memasuki wilayah Kota Pringsewu.

Tugu Bambu Pringsewu terletak di Desa Wates, Kecamatan Gading Rejo. Tugu Bambu Pringsewu berada di pinggir area persawahan yang subur, berfungsi sebagai penanda Kota Pringsewu dan berfungsi juga sebagai rest area bagi pengguna kendaraan yang melintas di jalan raya menuju Kota Pringsewu.

Pemandangan Tugu Bambu Dari Kota Pringsewu (Foto : http://bit.ly/1TtOTNc)
Pemandangan Tugu Bambu Dari Kota Pringsewu (Foto : http://bit.ly/1TtOTNc)

Tugu Bambu Pringsewu berbentuk 14 buah bambu yang melengkung membentuk gerbang dengan masing-masing 7 bambu yang melengkung di sisi kanan dan kiri jalan raya. Bagian atas Tugu Bambu dihiasi ukiran Siger dan tulisan selamat datang dan selamat jalan. Tulisan Selamat Datang di Ibu Kota Kabupaten Pringsewu di Tugu Bambu Pringsewu akan terlihat oleh pengendara kendaraan yang melintas dari arah Gading Rejo menuju Kota Pringsewu. Dan sebaliknya, Tulisan Selamat Jalan Dari Ibu Kota Pringsewu di Tugu Bambu Pringsewu akan terlihat oleh pengendara kendaraan yang melintas dari arah Kota Pringsewu menuju Gading Rejo.

Di sore dan malam hari, Tugu Bambu Pringsewu ramai dikunjungi warga Pringsewu. Selain sebagai rest area, Tugu Bambu juga berfungsi sebagai pusat wisata kuliner di Pringsewu dengan jagung bakar sebagai menu andalannya. (SR-002)

Baca Juga :

3 comments

  1. Baru sadar kalau tulisan di atas tugu bambu itu beda-beda. 🙂

  2. Kebanggaan Orang Pringsewu nih

  3. Tempat asik utk nongkrong smbl makan jagung bakar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *