5 Hal Unik Yang Hanya Ada di Lampung

0
141

seruit.id Bagi para traveller, informasi tentang tempat tujuan sangatlah penting. Bahkan sebagian besar para pengunjung sengaja datang karena tempat yang ingin mereka datangi memiliki sesuatu yang unik. Mulai dari keindahan alam, kota, kuliner, budaya sampai dengan kebiasaan-kebiasaan yang terdapat didalamnya. Berbicara masalah keunikan, Provinsi Lampung juga memilki banyak hal unik yang jarang kita ketahui. Nah, berikut adalah 5 hal unik yang hanya ada di Lampung.

  1. Siger Ada Dimana-mana.
    Siger adalah mahkota wanita Lampung. Siger juga menjadi maskotnya Provinsi yang terletak diujung sumatera ini. Bagi anda yang sudah pernah atau ingin mengunjungi Lampung, jangan heran jika siger ini ada dimana-mana. Bukan hanya Menara siger yang berada di puncak bukit Bakauheni saja. Anda akan menemukan lambang siger ini disetiap gedung-gedung di Lampung, dari gedung yang terkecil sampai dengan termegah sekalipun. Siger pasti menghiasi sebagai ornamen wajib didalamnya. Di toko-toko, kantor instansi pemerintahan, swasta bahkan kantor pos sekalipun pasti memakainya. Ini membuktikan bahwa Lampung sangat bangga terhadap budayanya.
  2. Transmigrasi Pertama di Indonesia.
    Tahukah anda bahwa sejarah transmigrasi pertama Indonesia sebenarnya ada di Lampung. Pada masa pemerintahan kolonial Belanda, banyak kepala keluarga dari jawa di pindahkan ke Lampung. bahkan ada juga yang penduduk satu kampung ditransmigrasikan. tidak heran jika nama desa atau tempat di Lampung banyak yang sama dengan di Jawa, seperti Bagelen, Pringsewu, Kali Rejo, Wates, Sidomulyo dan lain lain. sebagai informasi, gedung museum transmigrasi nasional pertama berada di Provinsi Lampung.
  3. Kampung Bali.
    Tidak hanya masyarakat suku jawa saja yang banyak menjadi penduduk tetap Lampung. Suku bali bahkan dinobatkan menjadi suku kedua terbesar selain lampung setelah suku Jawa. Ada beberapa wilayah di Lampung yang didalamnya didiami oleh suku asli bali ini. seperti di Kabupaten Way kanan, Pesawara, Mesuji, Tulang Bawang, Pringsewu, Lampung Timur, Lampung Selatan dan Tulang Bawang Barat. bahkan pemukiman Bali di Lampung sangat terkenal dengan istilah “Kampung Bali”.
  4. Bioskop Hanya di Ibu Kota.
    Bagi anda yang hendak berkunjung ke Lampung dan ingin menonton bioskop. Sebaiknya anda terlebih dahulu berkunjung ke bandar lampung. Kota yang menjadi ibu kotanya lampung ini ternyata satu satunya yang memiliki bioskop di provinsi lampung. Kota bandar lampung disejajarkan dengan kota kota besar lainnya diindonesia. Memiliki gedung gedung tinggi dan sarana transportasi yang memadai, nampaknya para inverstor lebih tertarik mendirikan bioskop bioskopnya di Bandar Lampung ini.
  5. Kekayaan Lampung.
    Sudah tidak diragukan lagi jika lampung memiliki kekayaan alam dan budaya yang luar biasa. Banyak wisata-wisata diLampung yang berkelas nasional dan internasional . Ada penangkaran gajah sekaligus memilki rumah sakit gajah terbesar seasia tenggara. Teluk Kiluan yang dikenal sebagaii surganya lumba-lumba. pantai yang panjang dan pasir putih sampai dengan perkebunan kopi terbesar diindonesia.
Tetapi,ada hal unik lain selain dari kekayaan yang disebutkan tadi. Yakni prosesi dan pernak-pernik adat Lampung sangat mewah yang berkesan glamour dan mahal. semua aksesoris berwarna dan bernuansa emas. Ada tapis yang terbuat dari sulaman benang emas, siger yang berwarna emas, baju adatLampung yang juga tidak bisa lepas dari dominasi emas. Bahkan aksesoris makan seperti piring, gelas dan sendok terbuat dari bahan yang memancarkan warna emas. (SR-003)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

66 − 63 =