9 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Kita

0
15

seruit.id Meski berasal dari Amerika, buah sirsak sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Hal ini disebabkan sirsak termasuk buah tropis sehingga cocok dibudidayakan di Indonesia. Namanya semakin terkenal setelah banyak penelitian membuktikan manfaat buah sirsak yang luar biasa.

Daging buah yang putih, kenyal, dan sedikit asam tetapi segar ini ternyata memiliki kandungan yang sangat baik untuk tubuh. Bahkan bukan hanya buahnya, daun sirsak pun sudah sejak lama dipercaya sebagai obat kanker.

Fakta Menarik Kandungan Nutrisi Buah Sirsak

Manfaat Buah Sirsak untuk Ibu Hamil
Seperti kebanyakan buah lainnya, sirsak pun mengandung banyak nutrisi yang baik bagi tubuh. Namun, ada beberapa fakta mengenai kandungan zat gizi sirsak yang menarik untuk Anda ketahui.
Karbohidrat

Satu porsi daging sirsak (sekitar 100 gram) mengandung 17 gram karbohidrat. Angka ini lebih besar dari jumlah karbohidrat yang disarankan untuk orang yang menjalankan diet karbo, yaitu maksimal 15 gram per porsi. Jadi, Anda perlu membatasi konsumsi buah sirsak.

Vitamin

Satu lagi fakta menarik buah sirsak adalah kandungan vitaminnya. Meskipun lebih rendah dari jeruk dan mangga, kandungan vitamin C sirsak dua kali lebih tinggi dari apel, nanas, anggur, pir, dan pisang. Sirsak juga merupakan sumber vitamin B, termasuk folat, niasin, dan thiamin.

Mineral

Kandungan dua mineral utama pada sirsak, yaitu kalium dan magnesium, ternyata lebih tinggi daripada jeruk. Satu porsi sirsak mampu memenuhi 8% kebutuhan kalium harian dan 5% kebutuhan magnesium harian.
Serat

Mungkin Anda belum tahu bahwa dibandingkan jeruk, buah sirsak memiliki kandungan serat yang lebih tinggi. Kandungan serat buah sirsak mampu memenuhi 13% kebutuhan harian tubuh, sedangkan jeruk hanya sebesar 9-10%.
Khasiat Sirsak, si Buah Super untuk Kesehatan.

Manfaat Buah Sirsak untuk Diet

Bukan hanya buahnya, daun sirsak pun terbukti berkhasiat mengobati berbagai penyakit, termasuk penyakit berat seperti kanker. Tak berlebihan jika sirsak disebut sebagai superfruit karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti :

1. Menyehatkan Mata.
Kombinasi zat-zat antioksidan seperti vitamin C dan E, beta karoten, dan seng pada buah sirsak dapat menurunkan risiko degenerasi makula (penyakit mata akibat usia) hingga 25%.

2. Antiradang dan Antinyeri Alami.
Buah sirsak adalah obat antiradang alami serbaguna dan dapat digunakan untuk perawatan saluran akar gigi, menggantikan natrium hipoklorit yang berbahaya. Buah ini juga mengandung zat analgesik sehingga bisa dijadikan obat pereda nyeri, terutama pada penderita radang sendi.

3. Berpotensi Melawan Kanker.
Buah dan daun sirsak mengandung acetogenin yang mampu menghambat transport adenosine triphosphate (ATP) yang dibutuhkan sel kanker untuk berkembang. Sebuah studi di University of Nebraska Medical Center menunjukkan, sirsak mampu menghambat kanker pankreas.

Buah sirsak menempati urutan teratas dalam daftar buah yang sangat baik dikonsumsi pasien kanker. Meskipun masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut, fakta tersebut menunjukkan bahwa sirsak sangat berpotensi untuk dijadikan obat untuk kanker.

4. Mengontrol Kadar Gula Darah.
Sirsak mengandung senyawa yang bersifat antidiabetes karena mampu menurunkan kadar gula darah, sedangkan ekstrak daun sirsak mampu mencegah kerusakan hati akibat diabetes.

5. Menurunkan Kolesterol.
Manfaat buah sirsak lainnya yang juga penting adalah untuk kolesterol. Kandungan serat yang tinggi pada sirsak akan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

6. Baik untuk Ibu Hamil dan Menyusui.
Kandungan buah sirsak bermanfaat bagi ibu hamil, seperti mencegah mual, meningkatkan imunitas, dan menguatkan tulang janin. Untuk ibu menyusui, sirsak mampu merangsang produksi ASI.

7. Meningkatkan Kesuburan.
Sirsak juga memiliki khasiat untuk kesuburan. Daun sirsak sangat baik untuk pria karena mengandung mineral, protein, dan vitamin yang dibutuhkan sperma. Adapun untuk wanita, daun sirsak bermanfaat melancarkan siklus menstruasi sehingga kehamilan lebih mudah terjadi.

8. Menjaga Kecantikan Kulit.

Salah satu kelebihan sirsak untuk kecantikan kulit adalah merangsang produksi kolagen. Anda bisa menggunakan buah sirsak untuk merawat kulit seperti:

  • Untuk mencegah penuaan dini, buat masker dari buah sirsak, lidah buaya, dan minyak lavender, aplikasikan pada wajah sambil dipijat dengan gerakan memutar selama 15 menit, lalu bilas dengan air dingin.
  • Untuk mengobati jerawat, campurkan buah sirsak, susu, lidah buaya, dan kunyit, oleskan pada jerawat dan biarkan hingga kering, lalu bilas.
  • Untuk mengatasi hiperpigmentasi, campurkan buah sirsak dengan minyak kelapa, oleskan pada wajah, biarkan semalaman.

9. Merawat Rambut dan Kulit Kepala.
Rambut merupakan bagian penting dalam perawatan kecantikan wanita. Anda pun bisa mendapatkan manfaat sirsak untuk merawat rambut dan kulit kepala, yaitu:

  • Mengatasi gatal pada kulit kepala: rebus satu buah sirsak yang sudah dipotong-potong, saring airnya dan setelah dingin, oleskan pada kulit kepala setelah keramas.
  • Mencegah dan mengatasi ketombe: air rebusan sirsak seperti di atas juga bisa digunakan untuk mengatasi ketombe dan mencegahnya datang kembali.

Waspadai Efek Samping Pengonsumsian Buah Sirsak

Meski manfaat buah sirsak tak diragukan lagi, Anda tetap harus waspada terhadap efek samping yang bisa ditimbulkan akibat mengonsumsi sirsak, di antaranya:

Meskipun bermanfaat untuk ibu hamil, mengonsumsi buah sirsak juga harus dibatasi maksimal satu minggu sekali. Terlalu banyak mengonsumsi buah sirsak akan menekan sistem kardiovaskuler dan memicu kontraksi dini.

Anda bisa menjadikan sirsak, utamanya jus, sebagai menu untuk diet, tetapi jika terjadi penurunan berat badan yang terlalu drastis, segera konsultasikan kepada dokter.

Menurut sebuah penelitian di Prancis, mengonsumsi buah sirsak secara berlebihan dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit Parkinson.

Saat ini, penelitian untuk mengetahui lebih banyak tentang manfaat buah sirsak dan daunnya semakin digiatkan. Semoga penelitian-penelitian tersebut memberikan hasil yang menggembirakan bagi dunia medis, khususnya dalam pengobatan kanker. (SR111)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 + 2 =