Cara Atasi Asam Urat Tinggi

27

seruit.id Asam urat merupakan zat kimia yang diproduksi ketika tubuh memecah partikel makanan yang mengandung purin, yang merupakan senyawa organik. Sebagian besar asam urat dilarutkan dalam darah, disaring melalui ginjal dan dikeluarkan dalam urine.

Terkadang, tubuh memproduksi asam urat berlebih atau tidak mampu menyaringnya dengan baik. Kelebihan kadar asam urat umumnya dikaitkan dengan kondisi yang disebut penyakit asam urat, yang merupakan bentuk radang sendi. Ini dapat menyebabkan pembengkakan sendi disertai rasa sakit, terutama di kaki.

Tingginya kadar asam urat dapat menyebabkan penyakit ginjal dan hipertensi, serta penyakit kardiovaskular. Asam urat yang tinggi dapat disebabkan oleh konsumsi makanan tinggi purin, konsumsi alkohol berlebih, obesitas, tiroid kurang aktif, faktor genetik dan kondisi medis lainnya. Anda dapat melakukan beberapa cara berikut ini untuk mengontrol kadar asam urat Anda.

Air putih
Minum air putih dapat mencairkan asam urat dan menstimulasi ginjal untuk menghilangkan kelebihan asam urat dari tubuh. Minum 8-10 gelas setiap hari dapat mengurangi kadar asam urat Anda. Konsumsi juga buah dan sayur yang mengandung banyak air.

Hindari makanan tinggi purin
Protein hewan merupakan sumber purin besar yang dapat meningkatkan kadar asam urat. Daging, unggas, kacang-kacangan, asparagus, dan lain-lain, memiliki kandungan purin yang tinggi di dalamnya.

Air lemon
Efek alkali yang terkandung dalam air lemon dapat menetralkan asam urat. Kandungan vitamin C dalam lemon juga dapat menurunkan asam urat. Minumlah segelas air hangat yang dicampur perasan lemon saat perut kosong di pagi hari.

Buah berry
Berry ungu dan biru mengandung flavonoid (anthocyanin) yang mampu mengurangi kadar asam urat dan memberikan bantuan untuk peradangan dan kekakuan. Makan setengah cangkir beri setiap hari atau jusnya selama beberapa minggu akan memberi Anda hasil positif. Buah ceri juga dapat sangat membantu.

Baking soda
Baking soda dapat membuat asam urat lebih mudah larut dan memungkinkan tubuh untuk membuangnya dengan mudah. Campurkan setengah sendok teh baking soda ke dalam segelas air, minum 4 gelas ramuan ini setiap hari secara berkala. Namun, hindari jika Anda memiliki tekanan darah tinggi atau hipertensi. (SR111)